THE FRIEND OF ME

Jumat, 06 Mei 2011

MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA

Di dalam artikel yang berjudul Konsep Negara Kesatuan versi Majapahit telah sedikit diuraikan perihal motivasi menuju Negara Kesatuan adalah berkat Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada di hadapan Ratu Tribhuwanottunggadewi dan para pembesar kerajaan waktu itu. Selanjutnya dalam artikel ini akan sedikit diuraikan fakta-fakta negara kesatuan dengan falsafah Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat di dalam lingkungan kota raja Majapahit.

Adalah kitab (kakawin) Sutasoma gubahan Mpu Tantular yang ditulis pada masa keemasan kerajaan Majapahit di bawah pemerintahan raja Sri Rajasanagara (Dyah Hayam Wuruk),  yang diperkirakan ditulis antara tahun 1365 M hingga 1389 M, dan merupakan kakawin yang lebih muda dibandingkan dengan kakawin Negarakertagama. Gambar di bawah ini menunjukkan fragmen kakawin Sutasoma yang ditulis dengan aksara Budha.


Dari uraian yang terdapat dalam kakawin Sutasoma inilah diperoleh sasanti Bhinneka Tunggal Ika yang lengkapnya adalah Bhinneka Tunggal Ika tan hana dharma mangrwa. Sasanti tersebut berasal dari pupuh 139 bait yang ke 5, yang isi lengkapnya adalah seperti di bawah ini.


Fakta atau kenyataan di lapangan yang masih dapat diketemukan hingga saat ini adalah : di bagian Selatan terdapat kompleks pemukiman Islam yang ditandai dengan adanya kompleks makam Islam Tralaya, di bagian Tengah terdapat kompleks pemukiman Hindu (Siwa) yang ditandai dengan reruntuhan Candi Minakjinggo, serta di bagian Utara terdapat kompleks pemukiman Budha yang ditandai dengan adanya Candi Brahu dan kompleks Candi Gentong (yang diperkirakan bekas stupa). Kesemuanya itu terletak di dalam lingkup wilayah kota raja Majapahit.

Dengan demikian jelaslah bahwa pada masa kejayaan kerajaan Majapahit telah dipraktekkan keberagaman yang menjadi satu kesatuan dan membawa pengaruh terhadap kuatnya kerajaan Majapahit sehingga mampu mencapai kebesaran dan kejayaannya di dalam menguasai dan mempersatukan seluruh wilayah Nusantara. Gambar di bawah ini adalah menunjukkan peta wilayah kekuasaan Majapahit.

0 komentar: